Diperpanjang Hingga Akhir Juni, PK21 di Pekanbaru Capai 68 Persen

Rabu, 02 Juni 2021 - 13:52:48 WIB Cetak

Kepala Dinas Dalduk KB Pekanbaru Muhammad Amin

Betuah Pekanbaru - Terhitung sejak awal April hingga akhir Mei 2021, sudah tercatat sebanyak 175 ribu kepala keluarga (KK) di Kota Pekanbaru yang berhasil didata melalui Pendataan Keluarga tahun 2021 atau PK21.

"Data sampai akhir pekan kemarin, itu sudah didata sebanyak 175 ribu KK lebih atau sekitar 68 persen dari jumlah prediksi KK sebanyak 258 ribu KK," ungkap Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru Muhammad Amin, Rabu (2/6/2021).

Lantaran belum mencapai target, kata dia, Pemerintah Pusat memutuskan untuk memperpanjang proses pendataan hingga akhir Juni mendatang. "Jadi pendataannya diperpanjang pusat," ucap Amin.

Meski belum mencapai target di angka 100 persen, namun disampaikannya jika hasil PK21 di Kota Pekanbaru yang telah dimulai sejak awal April lalu merupakan tertinggi di Provinsi Riau.

"Begitu juga nasional, hasil pendataan kita juga masuk yang tertinggi," ucapnya.

Disampaikan Amin, terdapat berbagai kendala yang dihadapi kader pendata saat melakukan pendataan di lapangan. Di antaranya karena pandemi covid, bertepatan dengan Bulan Ramadhan dan kemudian lebaran Idul Fitri.

"Kadang-kadang, warga susah ditemui, tidak mau membuka pintu rumah," ujarnya.

Untuk kendala warga yang susah ditemui, dikatakan Amin akan segera dikoordinasikan pihaknya dengan camat dan lurah setempat. Diharapkan, warga bersangkutan bisa membantu mempermudah kader pendata dalam melaksanakan tugasnya.

"Kita tentu berharap warga bisa membuka diri. Karena itu kita akan koordinasikan dengan camat dan lurah," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+