Disdik Pekanbaru Diminta Petakan Kebutuhan Sekolah Negeri

Rabu, 09 Juni 2021 - 13:47:18 WIB Cetak

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi

Betuah Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, diminta untuk melakukan pemetaan terhadap kebutuhan sekolah negeri tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, pemetaan perlu dilakukan mengingat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejak beberapa tahun terakhir telah menerapkan sistem zonasi dengan memberi kuota lebih banyak bagi calon peserta didik tempatan.

"Jadi penting dilakukan pemetaan, kebutuhan kita berapa," ucapnya, Rabu (9/6/2021).

Pemetaan kebutuhan sekolah, terang Wawako, juga penting lantaran adanya pemekaran wilayah yang berdampak terhadap minimnya sekolah negeri di wilayah kecamatan maupun kelurahan yang dimekarkan.

"Misalnya saya tinggal di Kelurahan Simpang Tiga, karena ada pemekaran, SD dan SMP negeri masuk ke Kelurahan Air Dingin. Ini tentu berpengaruh terhadap sistem zonasi. Untuk itu, kita minta kepada kepala dinas untuk memetakan ini semua," ujarnya.

Mengenai sistem zonasi sendiri, diakui Wawako banyak dikeluhkan oleh orangtua calon peserta didik baru khususnya yang bertempat tinggal jauh dari kawasan sekolah karena tingginya kuota bagi peserta didik tempatan.

"Di 2019 karena banyak kali keluhan masyarakat, itu sempat saya sampaikan kepada kepala dinas supaya fair agar ada terobosan. Bisa gak masuk sekolah negeri, itu seperti dulu pakai tes," jelasnya.

"Tapi ternyata persoalannya, kita sekarang harus mengacu sesuai aturan Menteri Pendidikan. Ini aturan bersama yang tidak bisa kita langgar," tutupnya menambahkan. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+