Walikota Pekanbaru Sebut Tambang Pasir Ilegal Cemari Sungai Sail

Ahad, 04 Juli 2021 - 16:33:07 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, aktivitas penambangan pasir secara ilegal yang dilakukan oleh sejumlah oknum telah berdampak buruk dengan tercemarnya Sungai Sail.

Dahulunya, cerita walikota, Sungai Sail memiliki air yang sangat bersih dan cernih yang menjadi sumber air bagi warga di kawasan aliran sungai. Namun kini, kondisi sungai menjadi kotor dan airnya pun keruh.

"Penambangan liar ini, kerusakannya besar (bagi sungai). Seperti Sungai Sail, Sungai Kampar Kiri, itu airnya keruh seperti susu, karena tambang liar," ucapnya, Minggu (4/7/2021).

Selain mencemari sungai, kata dia, kondisi sungai yang kotor juga dapat menjadi bencana bagi pemukiman di sekitarnya, seperti banjir yang kerap terjadi ketika musim penghujan.

Meski demikian, diakui walikota jika sampai saat ini aktivitas tambang pasir ilegal tersebut masih berlanjut karena belum berhasil ditertibkan. Padahal, terang dia, pelaku penambangan liar itu bisa dijerat dengan Undang-undang Lingkungan Hidup.

"Belasan dan puluhan tahun tak bisa kita tertibkan. Memang tentang lingkungan, dalam penertibannya kita belum efektif walaupun kerusakan yang ditimbulkannya besar," ujarnya.

Ia berharap agar warga lebih banyak memberikan perhatiannya dalam kelestarian sungai, terutama dengan menyadari manfaat besar salah satu ekosistem perairan tersebut bagi kehidupan manusia.

"Harus ada perhatian kita bersama, untuk sungai-sungai yang ada di Riau," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+