DMDI Pekanbaru Usulkan Tengku Muhammad Ali jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 15 Juli 2021 - 21:08:55 WIB Cetak

Pengurus DMDI saat audiensi dengan Walikota Pekanbaru Firdaus.

Betuah Pekanbaru - Dunia Melayu dan Dunia Islam (DMDI) Kota Pekanbaru, bakal mengusulkan Sultan ke-5 Kerajaan Siak Sri Inderapura Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang dikenal dengan Tengku Muhammad Ali sebagai Pahlawan Nasional.

Seperti diketahui, Tengku Muhammad Ali merupakan salah satu pendiri Kota Pekanbaru.

"Kami sudah melakukan audiensi dengan walikota. Dalam audiensi ini, kami mengusulkan agar Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah diusulkan menjadi Pahlawan Nasional," kata Ketua DMDI Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, usai audiensi dengan Walikota Pekanbaru Firdaus, bertempat di gedung utama komplek perkantoran terpadu di Tenayan Raya, Kamis (15/7/2021).

Dalam audiensi yang juga dihadiri sejumlah pengurus DMDI itu, kata Ayat Cahyadi, pihaknya berharap Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru segera membentuk Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD). Hal itu langsung mendapat tanggapan positif dari Walikota Pekanbaru.

"Alhamdulillah, bapak walikota menyambut baik usulan ini dan langsung memerintahkan Kepala Dinsos untuk menyiapkan TP2GD," ucap Ayat yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Pekanbaru ini.

Walikota Pekanbaru Firdaus foto bersama dengan pengurus DMDI Kota Pekanbaru.

Setelah dokumen terkait kepahlawanan Sultan Tengku Muhammad Ali disiapkan oleh TP2GD, lanjut Ayat, baru bisa diusulkan ke Pemerintah Pusat untuk memberi gelar Pahlawan Nasional kepada Tengku Muhamad Ali.

"Mudah-mudahan yang kita perjuangkan ini bisa terwujud. Untuk itu kami mohon doa kepada seluruh masyarakat Pekanbaru," ujarnya.

Menurut Ayat, Sultan Tengku Muhammad Ali sangat pantas diberi gelar Pahlawan Nasional karena pernah menjadi panglima perang Kerajaan Siak Sri Inderapura di masa tiga sultan yaitu Sultan Tengku Buang Asmara (Sultan Siak II), Sultan Ismail Abdul Jalil Syah (Sultan Siak III), dan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Sultan Siak IV yang juga ayahanda dari Sultan Muhammad Ali).

Saat kepemimpinan Sultan Siak ke II, Sultan Tengku Muhammad Ali dipercaya sebagai panglima perang dalam Perang Guntung di Pulau Guntung melawan penjajah Belanda pada tahun 1752 hingga 1760. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+