TPU Khusus Covid di Rumbai Sudah Tampung 969 Jenazah

Jumat, 16 Juli 2021 - 13:42:58 WIB Cetak

Seorang petugas kesehatan (kiri) yang mengenakan alat pelindung diri saat menancapkan nisan pada makam jenazah yang dikuburkan di TPU Tengku Mahmud. (Foto/Antara)

Betuah Pekanbaru - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tengku Mahmud di Kecamatan Rumbai yang dikhususkan sebagai tempat pemakaman jenazah pasien covid, hingga kini sudah menampung sebanyak 969 jenazah.

"Data terakhir, itu sudah 969 jenazah yang dimakamkan di sana," kata Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Pekanbaru Edi Satriawan, Jumat (16/7/2021).

Secara keseluruhan, sebut dia, TPU Tengku Mahmud memiliki lahan seluas 2 hektare. Namun mengingatkan banyak jenazah suspek dan positif covid yang dimakamkan di lokasi itu, saat ini lahan yang tersisa tinggal setengah hektare.

"Sekarang tinggal setengah hektar lagi," ucapnya.

Lahan setengah hektare yang tersisa itu diperkirakan masih bisa menampung sekitar 350 jenazah. Jika pun sudah terisi penuh, terang Edi, masih bisa disisip pemakamannya di antara makan yang lama.

Sebab, jarak antar makam sebelumnya memang cukup jauh agar tidak terjadi longsor. Sehingga masih bisa disisip untuk satu makam baru.

"Jadi selain lahan setengah hektare tadi, kita masih bisa pakai lahan yang ada di antara makam yang sudah ada," ujarnya.

"Karena memang jarak antara makam sengaja agak jauh agar tidak longsor. Jadi di antara tanah makam yang sudah kering, itu bisa disisip lagi untuk membuat makam baru," ulasnya.

Sementara itu terkait insentif petugas penggali kubur di TPU Tengku Mahmud, disampaikan Edi masih diproses pihaknya. Ada enam petugas penggali kubur yang dipekerjakan terdiri dari dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan empat tenaga harian lepas (THL).

"Insentif mereka sudah dibayarkan untuk April sampai Oktober 2020. Kemudian sisanya, sedang sudah proses pengajuan," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+