RSD Madani Siapkan Enam Ruang ICU Ventilator untuk Pasien Covid

Kamis, 29 Juli 2021 - 21:26:52 WIB Cetak

RSD Madani Pekanbaru

Betuah Pekanbaru - Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Kota Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti, kini menyiapkan sebanyak enam ruang ICU ventilator sebagai tempat perawatan khusus bagi pasien Covid-19.

"Baru kita mulai pada persiapan pekan ini," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, Kamis (29/7/2021).

Selain ruang ICU, sebut dia, pihak RSD Madani juga bisa memanfaatkan High Flow Nasal Cannula (HFNC) guna mengantisipasi kekurangan ruang ICU.

"Ini bisa dimaksimalkan untuk di rumah sakit, mencegah ruang ICU khusus pasien covid-19 yang tidak tersedia," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan ruang ICU, lanjut Arnaldo, Dinas Kesehatan juga mempersiapkan empat puskesmas sebagai tempat isolasi khsusus pasien covid.

Keempat puskesmas tersebut di antaranya Puskesmas Sapta Taruna, Puskesmas Karya Wanita, Puskemas Rejosari dan Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap.

"Empat puskesmas ini disiapkan untuk ruang khusus perawatan pasien covid-19," ungkapnya.

Dirinya mengklai sampai saat ini rumah sakit masih bisa menampung pasien covid. Apalagi kapasitas di Asrama Haji Antara Riau masih bisa digunakan.

Arnaldo mengaku bahwa Kota Pekanbaru sudah menyiapkan ratusan ruang di Rusunawa Rejosari sebagai tempat isolasi pasien covid-19. Ada 360 ruang bagi pasien yang hendak isolasi di sana.

"Saat ini baru terisi 50 ruang. Ada 310 ruang masih tersedia bila memang terjadi lonjakan kasus covid," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+