PPKM Level IV di Pekanbaru Diperpanjang Hingga 9 Agustus

Selasa, 03 Agustus 2021 - 13:43:43 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi Kepala Dinas Perindag Ingot Ahmad Hutasuhut dan Kepala Satpol PP Iwan Simatupang, memberikan keterangan pers terkait perpanjangan PPKM level IV, Selasa (3/8/2021).

Betuah Pekanbaru - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV tahap pertama yang telah berakhir per tanggal 2 Agustus 2021, kembali diperpanjang oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hingga tanggal 9 Agustus mendatang.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, perpanjangan PPKM level IV tersebut merupakan perintah secara langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang diumumkan pada Senin (2/8/2021) malam.

"Ada 45 kota di 19 provinsi yang telah menjalani PPKM level IV tahap pertama kemarin, seluruhnya kembali melanjutkan PPKM level IV untuk tahap kedua," ungkapnya saat memberikan keterangan pers, Selasa (3/8/2021).

Di PPKM level IV tahap kedua, sebut Firdaus, aturannya masih sama dengan PPKM level IV tahap satu.

"Untuk aturannya tetap sama dengan tahap satu, namun lebih ditekankan pada penanganan dari hulu. Atinya, pencegahan lebih difokuskan dengan istilah penanganan dari hulu dengan tidak mengabaikan penanganan dari hilir," ucapnya.

"Jadi hilirnya tetap kita tangani bahkan sampai pada kebutuhan oksigen. Alhamdilillah, untuk Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru, kebutuhan oksigen ini cukup," ulasnya.

Sementara untuk penyekatan jalan, disampaikan Firdaus terus dilanjutkan seiring perpanjangan penerapan PPKM level IV tahap kedua. Kebijakan ini diambil guna membatasi mobilisasi atau pergerakan warga.

"Penyekatan jalan ini merupakan upaya kita untuk membatasi mobiltas masyarakat keluar rumah. Kita mengerti penyekatan jalan ini dikeluhkan, namun harus dilakukan untuk mencegah terus melonjaknya sebaran wabah," tegasnya.

Untuk itu, Firdaus menghimbau agar seluruh pihak terutama warga bisa mematuhi aturan penerapan PPKM level IV yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Dengan demikian, usaha yang kita lakukan secara bersama-sama bisa memutus sebaran wabah," harapnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+