Corona Sudah Renggut Nyawa 1.063 Warga Pekanbaru

Senin, 23 Agustus 2021 - 12:53:52 WIB Cetak

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tengku Mahmud di Palas, yang dipersiapkan Pemko Pekanbaru sebagai lokasi pemakaman pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Betuah Pekanbaru - Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 masih terus mewabah di Kota Pekanbaru. Dari data yang dirilis Satgas Covid-19, per tanggal 22 Agustus sudah terdapat sebanyak 1.063 orang yang meninggal dunia karena terpapar virus yang berawal dari Wuhan, China tersebut.

Secara keseluruhan, total positif covid di Kota Bertuah telah mencapai 48.574 kasus.

Dari 48.574 kasus terkonfirmasi itu, 25.659 orang di antaranya merupakan kasus bergejala dan 22.692 lainnya kasus tanpa gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kemudian untuk terkonfirmasi covid yang telah dinyatakan sembuh berjumlah 44.907 orang. Rinciannya, 13.658 merupakan pasien yang dirawat dan diisolasi di rumah sakit, serta 31.249 lainnya positif OTG yang menjalani isolasi mandiri.

Sementara positif covid yang masih menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit berjumlah 905 orang, dan 1.698 orang masih menjalani isolasi mandiri baik di fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun rumah tempat tinggal.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih menyebutkan, saat ini Satgas Covid-19 tengah mengoptimalkan penelusuran terhadap kontak erat pasien positif covid.

Di dalam penelusuran, kata dia, tim berupaya memberi pengertian kepada kontak erat pasien agar bersedia menjalani karantina. Apalagi saat ini ada sejumlah lokasi isolasi terpadu bagi pasien Covid-19.

"Selain itu, tim satgas juga berupaya menyiapkan sarana untuk mendukung pendataan kontak erat," ucapnya.

Zaini mengaku bahwa tim satgas di lapangan membutuhkan tambahan tenaga membantu proses penelusuran kontak erat. Mereka juga membutuhkan tim IT data untuk mendukung input data kontak erat.

Ada mahasiswa menjadi tim IT untuk mendukung proses pendataan di 21 puskesmas. Ada juga mahasiswa perawat yang menjadi tim relawan untuk membantu penelusuran kontak erat. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+