Pekanbaru Gandeng Kementerian ATR Kembangkan Wisata Okura

Rabu, 01 September 2021 - 19:41:23 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus dan jajaran, saat pertemuan dengan Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN M Arifin Siregar, bertempat di ruang rapat lantai tiga MPP, Rabu (1/9/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menggandeng Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) dalam pengembangan sektor pariwisata di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur.

Selain pariwisata, pemerintah kota juga menyiapkan Tebing Tinggi Okura sebagai kawasan ndustri manufaktur.

"Saat ini tengah dilakukan penyusunan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) dan susun pola ruangnya," kata Walikota Pekanbaru Firdaus, usai pertemuan dengan Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Wilayah I Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN M Arifin Siregar, bertempat di ruang rapat lantai tiga Mal Pelayanan Publik (MPP), Rabu (1/9/2021).

Disebutkanya, Danau Bandar Khayangan atau yang lebih dikenal dengan Danau Buatan akan menjadi salah satu lokasi wisata alam yang akan dikembangkan.

"Kita akan kembangkan potensi wisata di Danau Bandar Khayangan," ucapnya.

Selain itu, lanjut Firdaus, Tebing Tinggi Okura juga akan disulap menjadi kampung budaya. Nantinya bisa menjadi lokasi tujuan pertukaran pemuda melayu sembari pengembangan wisata dan adat budaya.

"Jadi, nanti ada juga kawasan perkampungan Melayu Okura," paparnya.

Lebih jauh disampaikan Firdaus, penataan kawasan Tebing Tinggi Okura seiring dengan perencanaan dengan Industri Tenayan. Adanya penataan kawasan ini bakal jadi pedoman dalam pembangunan di masa mendatang.

Firdaus menyebut bahwa dalam RDTR juga termaktub rencana jaringan jalan. Ada juga rencana induk jalan angkutan umum massal.

Dirinya menegaskan bahwa RDTR yang disusun menyesuaikan dengan RTRW. Sehingga nantinya pembangunan berlangsung sesuai dengan aturan dan pedoman yang ada.

"Penyusuran RDTR ini juga bertujaun untuk memberi kepastian investasi. Pemerintah kota ingin memberi kepastian peruntukan wilayah kepada investor terkait status dari lahan yang ada," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+