Pekanbaru Luncurkan Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman, Gudang Informasi dan Layanan Publik

Senin, 06 September 2021 - 12:54:55 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT, Wakil Walikota H Ayat Cahyadi S.Si dan Sekdako H Muhammad Jamil M.Ag M.Si, memperlihatkan aplikasi Pekanbaru Dalam Genggangam yang bisa diakses melalui Smartphone.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus berinovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di era industry 4.0 atau revolusi industri generasi keempat, pemerintah kota di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah memiliki banyak layanan publik dan penyebaran informasi secara digital.

Terbaru, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Kominfo Statistik dan Persandian meluncurkan sistem informasi dan layanan digital terintegrasi yang disebut dengan "Pekanbaru Dalam Genggaman".

Pekanbaru Dalam Genggaman sendiri merupakan inovasi dari Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (PLIKP) Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Mawardi S.Ag, sebagai peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pimpinan III Administrator Kementerian Dalam Negeri.

Dengan peluncuran Pekanbaru Dalam Genggaman, diharapkan bisa semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik secara digital, agar masyarakat tidak perlu banyak mengunduh berbagai aplikasi dari tiap OPD.

Mulai diluncurkan pada 2 september 2021, Pekanbaru Dalam Genggaman merupakan sebuah aplikasi digital yang kini sudah dapat di-download melalui APP Playstore.

Informasi dan layanan terintegrasi "Pekanbaru Dalam Genggaman" adalah suatu sistem informasi yang menghimpun seluruh aplikasi layanan dan informasi publik yang ada di jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru.

Sistem ini memudahkan seluruh kalangan terutama masyarakat Kota Pekanbaru, Riau, maupun nasional untuk mengakses informasi atau mendapatkan layanan dari Pemerintah Kota Pekanbaru yang meliputi urusan perizinan, non perizinan dan pengurusan identitas kependudukan.

Kemudian mempermudah mendapatkan informasi seputar investasi, ekonomi, perpajakan, retribusi, pendidikan, perdagangan, kesehatan, kepariwisataan hingga urusan kepegawaian, CCTv Kota Pekanbaru, dan informasi publik yang semuanya itu bisa diakses dari satu sistem informasi dan layanan digital terintegrasi Pekanbaru Dalam Genggaman berbasis website dan android, serta internasional yang terkoneksi ke portal resmi Pemerintah Kota Pekanbaru di laman www.Pekanbaru.go.id.

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT.

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, menyatakan sangat mendukung sekaligus mengapresiasi inovasi yang dirancang Kepala Bidang PLIKP Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Mawardi S.Ag tersebut.

"Saya mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya rencana aksi perubahan yang digagas Kabid PLIKP saudara Mawardi S.Ag, peserta pelatihan administrator angkatan kedua Kementerian Dalam Negeri, yang telah merancang sistem informasi dan layanan digital terintegrasi Pekanbaru Dalam Genggaman," ucapnya.

"Dukungan dan apresiasi saya sampaikan mengingat aksi ini akan memberikan manfaat yang sangat positif dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Pekanbaru terhadap layanan kepada masyarakat, serta menjadi salah satu inovasi Kota Pekanbaru dalam penyelenggaraan pelayanan informasi publik berbasis elektronik," ulas walikota.

Dikatakannya, aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman merupakan bentuk dukungan terhadap visi kepala daerah mewujudkan Pekanbaru Smart City yang Madani.

Melalui sistem informasi dan layanan digital Pekanbaru Dalam Genggaman, walikota berharap bisa semakin memudahkan masyarakat pelaku usaha, organisasi, kelompok dan perorangan dalam mendapatkan data dan informasi, serta berurusan secara online di jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Saatnya kita terintegrasi secara cepat, tepat, dekat, mudah, murah, dan lebih baik. Mari bersama wujudkan Pekanbaru Smart City Madani," ajaknya.

Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi S.Si

Apresiasi terhadap inovasi "Pekanbaru Dalam Genggaman" juga diberikan oleh Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi S.Si.

Disebutkannya, Pekanbaru Dalam Genggaman akan sangat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan publik dari badan publik secara online seperti pengurusan identitas kependudukan.

"Juga memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi publik, membayar pajak, informasi tentang kesehatan. Bahkan tentang keagamaan dan lalu lintas melalui CCTv. Yang paling menarik, ada juga informasi lowongan pekerjaan," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru H Muhammad Jamil M.Ag M.Si

Pekanbaru Dalam Genggangam, terang dia, akan memudahkan masyarakat mengurus berbagai perizinan dan non perizinan di Mal Pelayanan Publik (MPP) secara online. 

"Masyarakat juga dengan mudah mendapatkan informasi seputar peluang investasi, destinasi wisata, hotel, restoran, pusat perbelanjaan dan lainnya," ungkap Jamil.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Firmansyah Eka Putra ST MT menjelaskan, awalnya Pekanbaru Dalam Genggaman merupakan salah satu output dari aksi perubahan Kabid PLIKP Mawardi S,Ag pada Diklat Pimpinan III Administrator. 

"Kami tentu sangat mendukung aksi perubahan yang dilakukan oleh Kabid PLIKP ini," tegasnya.

Nantinya, lanjut Eka, aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman akan menjadi sebuah inovasi daerah berkat dukungan semua pihak terutama walikota, wakil walikota, sekretaris daerah kota, pimpinan OPD, serta tenaga IT yang tersebar di tiap-tiap OPD.

"Jadi, Pekanbaru Dalam Genggaman akan menjadi salah satu inovasi daerah Pekanbaru yang akan berkelanjutan, dan akan masuk dalam renstra (rencana strategis) Dinas Kominfo Statistik dan Persandian," paparnya.

Apa Manfaat dari Sistem Informasi dan Layanan Digital Terintegrasi “Pekanbaru dalam Genggaman”?, terang Eka, dengan terintegrasinya seluruh sistem informasi dalam satu tempat maka akan membentuk jaringan kerjasama yang saling melengkapi antar stakeholder serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia di bidang Informasi digital dan layanan publik berbasis elektronik. 

"Selain itu, juga semakin meningkatnya sistem diseminasi informasi kepada masyarakat luas dan mempercepat pelayanan publik dan kepegawaian," tutupnya.

Sementara itu, Kabid PLIKP Mawardi S,Ag selaku perancang aplikasi "Pekanbaru Dalam Genggangam" menuturkan, dengan men-download aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman di Playstore, masyarakat dengan mudah bisa mengakses berbagai informasi dan mendapatkan layanan secara online.

Baik layanan kependudukan seperti KTP, KK, KTP rusak, akte kelahiran dan pernikahan. Begitu juga dalam hal perpajakan, masyarakat dapat mengakses informasi pajak melalui smart pajak, urusan kepegawaian dapat mengakses informasi pegawai dari Sinergi/Simpeg, Dishub rekomendasi perhubungan, trayek, CCTv sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, wisata, peluang investasi, lowongan pekerjaan dari Disnaker, termasuk memantau informasi aktivitas pendidikan dan kesehatan.

"Jadi semuanya bisa diakses melalui aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman. Untuk itu, tunggu apa lagi. Silahkan download aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman di Playstore sekarang," tutupnya. (adv/abd)



Baca Juga Topik #Advertorial+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+