PPKM Level IV di Pekanbaru Berakhir, Penyekatan Jalan Berlanjut

Senin, 06 September 2021 - 20:15:16 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus bersama forkopimda, saat memimpin rapat evaluasi penerapan PPKM Level IV tahap keempat, Senin (6/9/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV tahap keempat yang telah diterapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sejak 24 Agustus lalu, sesuai jadwal berakhir malam ini Senin (6/9/2021).

Dari hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah kota, PPKM telah berhasil membawa Pekanbaru keluar dari zona merah corona dan turun status dari level IV ke level III.

"Alhamdulillah, hasil evaluasi kita sebenarnya sudah bisa keluar dari PPKM level 4. Tetapi, ternyata kita tidak bisa sampai ke level 2, karena standar yang ditetapkan belum terpenuhi," ucap Walikota Pekanbaru Firdaus, usai memimpin evaluasi penerapan PPKM bersama forkopimda, Senin siang.

Meski telah turun status ke PPKM Level III, namun disampaikan Firdaus untuk penyekatan jalan guna mengurangi mobilitas warga menuju ke pusat kota akan tetap berlanjut. Hanya saja, penyekatan akan dilonggarkan dari sebelumnya.

"Untuk free total penyekatan jalan tidak bisa. Tidak bisa kita longgarkan plong," ujarnya.

Menurut Firdaus, penyekatan jalan-jalan protokol masih diperlukan karena penyekatan sendiri merupakan bagian pencegahan covid dari hulu. Dengan demikian, ia berharap Pekanbaru tidak lagi kembali ke zona merah dengan menerapkan PPKM Level IV.

"Jadi jalan-jalan protokol seperti Jalan Sudirman, itu mesti (sekat). Nanti tekniknya diatur, misalkan untuk ekonomi jalan mau ke MP (Mall Pekanbaru) itu digeser sedikit penyekatan, supaya akses masyarakat ke aktivitas ekonomi lebih mudah," ungkapnya.

Kemudian khusus jalan protokol di 4 kecamatan yang masih berstatus zona merah seperti Kecamatan Senapelan, Binawiyda, Payung Sekaki  dan kecamatan Sail, dikatakan Firdaus masih dilakukan penyekatan secara kekat.

"Untuk jalan besar di 4 kecamatan yang masih masuk zona merah, ruang gerak masyarakat masih tetap akan diperketat," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+