Memasuki Musim Penghujan, BPBD Pekanbaru Siaga Tangani Banjir

Selasa, 14 September 2021 - 14:06:20 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kini siap siaga untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan kebencanaan seperti banjir.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Selasa (14/9/2021) menyikapi terjadinya perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan sejak sepekan terakhir.

"Untuk kesiap-siagaan, kami terus membuka layanan pengaduan di call center 0811 76 51464. Karena potensi (banjir) selalu ada, terutama di wilayah aliran sungai," ucapnya.

Selain membuka layanan pengaduan, kata Zarman, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi antisipasi dan penanganan kebencanaan khususnya di kelurahan yang rawan berpotensi terjadi bencana banjir.

"Sosialisasi ini telah kami mulai sejak 2020 lalu dan masih berlanjut sampai saat ini," ungkapnya.

Di samping itu, lanjut Zarman, pihaknya juga telah membentuk 6 Kelurahan Tangguh Bencana di antaranya Kelurahan Tobek Godang (Binawidya), Palas dan Srimeranti (Rumbai), Industri Tenayan (Tenayan Raya), serta Tirta Siak dan Bandar Raya (Payung Sekaki). Seluruhnya merupakan wilayah yang rawan terjadinya banjir sesaat.

"Kepada warga di Kelurahan Tangguh Bencana, mereka bisa tanggap begitu terjadi bencana baik itu banjir maupun kebakaran lahan. Mereka bisa melakukan penanganan secara dini seperti yang telah kami bekali dan juga telah diberikan simulasi," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+