Anggaran 2022 Capai Rp253 Miliar, Plt Kadiskes Pekanbaru Sebut Kurang

Kamis, 14 Oktober 2021 - 22:12:05 WIB Cetak

Plt Kepala Diskes Pekanbaru Arnaldo Eka Putra

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, memberikan porsi anggaran yang cukup besar kepada Dinas Kesehatan (Diskes) dalam APBD murni 2022 yang mencapai angka Rp253 miliar.

Namun menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Arnaldo Eka Putra, anggaran ratusan miliar itu masih kurang jika dibandingkan dengan total kebutuhan anggaran berkisar Rp300 miliar.

Disampaikannya, dari Rp253 miliar anggaran yang disiapkan itu, Rp169 miliar di antaranya habis untuk pembayaran gaji dan biaya operasional. "Di situ ada untuk operasional RSD Madani juga. Include untuk penanganan Covid-19," ucapnya, Kamis (14/10/2021).

Dijelaskan Arnaldo, dari anggaran Rp253 miliar itu, sekitar Rp34 miliar berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Lebih dari separuh DAK itu rencananya digunakan untuk kegiatan fisik.

Kemudian dari Rp34 miliar DAK tersebut, sebesar Rp24 miliarnya untuk pembangunan fisik dan sisanya untuk non fisik. Karena itu, ia menilai anggaran yang disiapkan belum cukup optimal untuk kegiatan yang akan dilaksanakan.

Idealnya, lanjut Arnaldi, jumlah anggaran seharusnya mencapai Rp300 miliar lebih. Apalagi dalam rangka melengkapi alat kesehatan yang ada di RSD Madani, Diskes membutuhkan anggaran yang cukup, untuk memenuhi kebutuhan alat medis di sana.

"Semua di sana, untuk Jamkesda juga. Kalau dikatakan cukup, ya kurang banyak. Idealnya sekitar 300-an lah," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+