Pemko Pekanbaru Kembangkan Kompetensi ASN Melalui PLC

Selasa, 16 November 2021 - 12:08:24 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, terus mengembangkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pengembangan kompetensi dilakukan secara online melalui aplikasi Pekanbaru Learning Center (PLC).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil menyebutkan, saat ini Indonesia tengah berbenah menyongsong era baru dan memasuki digitalisasi birokrasi. Untuk itu, jika ASN dapat menyiapkan diri dengan baik dan matang, maka Indonesia akan berada di jajaran terdepan bersama negara maju lainnya.

"Sebagaimana diketahui bersama, setiap ASN mempunya hak untuk mendapatkan pengembangan kompetensi minimal 20 jam pelajaran dalam setahun. Pemenuhan pengembangan kompetensi ini dapat mendorong peningkatan nilai indeks profesionalitas ASN yang nantinya menjadi pendorong nilai indeks reformasi birokrasi," ucapnya, pada peluncuran aplikasi PLC yang dipusatkan di aula gedung utama komplek perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Senin (15/11/2021).

Disampaikannya, Pemko Pekanbaru melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sedang mengembangkan strategi dan metode yang efektif dan efisien untuk mewadahi penyelenggaraan kebutuhan ASN dengan berupaya menghilangkan kendala jarak, waktu, dan menekan penggunaan anggaran. 

"Kita sadari bersama bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal akan dapat mendukung strategi pelatihan secara digital," ujarnya. 

"Karena itu melalui acara ini, BKPSDM akan meluncurkan sebuah platform learning management system yang disebut dengan Pekanbaru Learning Center yang terintegrasi dengan sistem informasi kepegawaian yakni Simpeg (aplikasi Pemko Pekanbaru yang memuat modul-modul pengelolaan data kepegawaian)," ulas Jamil. 

Dengan adanya PLC ini diharapkan kegiatan pengembangan kompetensi pegawai tetap dapat berlangsung secara daring dan jarak jauh. Pengembangan kompetensi secara online ini dapat menghemat anggaran secara signifikan.

"Mengingat pengembangan kompetensi yang begitu penting saat ini, kami meminta seluruh ASN di Pemko Pekanbaru dapat menggunakan dan memanfaatkan PLC ini demi terwujudnya smart ASN berkelas dunia," harapnya.

"Saya mengharapkan para kepala OPD untuk memerintahkan seluruh pegawai di bawahnya untuk segera menggunakan PLC dalam rangka pengembangan kompetensi," pintanya menambahkan. (rls)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+