PMBRW Pekanbaru Program Terbaik di Gerakan 1.000 Smart City Indonesia

Rabu, 15 Desember 2021 - 13:14:48 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi Kepala Dinas Kominfo Firmansyah Eka Putra dan Sekretaris Bappeda, foto bersama usai menerima penghargaan Gerakan 1.000 Smart City Indonesia.

Betuah Pekanbaru - Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mendapat penilaian terbaik di pilar Smart Ekonomi pada Gerakan 1.000 Smart City Indonesia.

Atas penilaian itu, Pemko Pekanbaru mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo).

Penghargaan itu diterima secara langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus dari Menteri Kominfo Johnny G Plate, pada kegiatan Penutupan Gerakan Menuju Smart City 2021 yang dipusatkan di International Convention Exhibition BSD City Tangerang, Selasa (14/12/2021).

"Di Kota Pekanbaru, salah satu program yang masuk Smart Ekonomi ini adalah kegiatan PMBRW. PMBRW inilah yang mendapat penilaian terbaik pada pilar Smart Ekonomi," kata Kepala Dinas Kominfotiksan Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra, yang turut mendampingi walikota pada penerimaan penghargaan tersebut.

Disampaikan Eka, kegiatan PMBRW merupakan salah satu program unggulan Pemko Pekanbaru yang telah dilaksanakan sejak 2016 lalu.

"Kegiatan ini juga sudah beberapa kali mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, dan kemarin ditetapkan sebagai program terbaik di dimensi Smart Ekonomi," ucapnya.

Lebih jauh disampaikannya, Smart City bagi Pemko Pekanbaru bukanlah salah satu program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Akan tetapi, Smart City bagi Kota Pekanbaru merupakan visi Walikota-Wakil Walikota periode 2017-2022.

"Sementara Gerakan 1.000 Smart City Indonesia merupakan program Kementerian Kominfo yan bekerjasama dengan 8 kementerian lainnya yang telah dijalankan sejak 2016 lalu," papar Eka.

Gerakan 1.000 Smart City Indonesia sendiri bertujuan untuk mendorong kabupaten/kota di Indonesia untuk bisa tumbuh secara cerdas dengan konsep Smart City.

"Kemudian mengapa Pekanbaru mengikuti ini. Di satu sisi merupakan visi walikota, di sisi lain ini adalah agenda nasional," terang Eka.

"Karena itu, Pekanbaru menjadikan Smart City sebagai visi berdasarkan perintah konstitusi yang ada di pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Yang mana Smart City merupakan strategi kita dalam mewujudkan vis NKRI yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur," tutupnya menambahkan. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+