IGA 2021, Pekanbaru Daerah Sangat Inovatif di Indonesia

Rabu, 29 Desember 2021 - 12:46:32 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus (kanan) dan sejumlah kepala daerah lainnya saat menerim penghargaan IGA 2021, Rabu (29/12/2021).

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru, Riau, ditetapkan sebagai daeran Sangat Inovatif di Indonesia pada ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021.

Atas prestasi itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru diberikan penghargaan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan diterima secara langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, bertempat di kantor Kemendagri di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (29/12/2021).

Turut mendampingi walikota, Sekretaris Daerah Kota Muhammad Jamil, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Azwan, serta Camat Rumbai Vemi Herliza.

Kepala BPP Azwan menyebutkan, dari hasil penilaian yang dilakukan tim IGA Kemendagri, Kota Pekanbaru memperoleh nilai Indeks Inovasi Daerah sebesar 60,14. 

"Artinya, Pekanbaru masuk ke dalam kategori Kota Sangat Inovatif," ucapnya.

Pada ajang IGA 2021, terdapat puluhan provinsi dan kabupaten/kota di tanah air yang menerima penghargaan dari Kemendari.

Untuk kategori provinsi, penerima IGA 2021 terdiri dari Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Jambi, dan Banten.

Kemudian untuk kabupaten yakni Banyuwangi, Wonogiri, Bogor, Tabalong, Tegal, Indragiri Hilir, Muara Enim, Sungai Selatan, Tanggamus, Bojonegoro, Lampung Barat, Musi Rawas, Malang, Aceh Jaya, Sumedang, Situbondo, Pangkajene dan Kepulauan.

Sementara untuk tingkat kota di antaranya Surabaya, Singkawang, Padang Panjang, Tangerang, Cimahi, Yogyakarta, Makassar, Mojokerto, Probolinggo, Pariaman, Bandung, dan Pekanbaru.

Sedangkan kategori daerah perbatasan yakni Kabupaten Pulau Morotai, Bintan, Sambas, Kabupaten Sanggau dan Bolaang Mongondow Utara. Kategori daerah tertinggal antara lain Kabupaten Sumba Timur, Belu, dan Kabupaten Nabire. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+