PT SPP Usulkan Pembangunan Jembatan Siak V dan Jalan Lingkar ke Pusat

Rabu, 09 Februari 2022 - 20:19:18 WIB Cetak

Direktur Utama PT SPP Heri Susanto

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui perusahaan daerah PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP), mengusulkan pembangunan Jembatan Siak V dan Jalan Lingkar Luar (Outer Ring Road) ke Pemerintah Pusat.

Direktur Utama PT SPP Heri Susanto menyebutkan, pembangunan jalan dan jembatan tersebut dibutuhkan guna pengembangan Kawasan Industri Tenayan (KIT) di Kecamatan Tenayan Raya yang juga masuk sebagai salah satu proyek strategis nasional.

"Jadi di samping pembangunan infrastruktur dalam KIT, kami juga mengusulkan akses pendukung berupa jalan dan jembatan menuju KIT," ucapnya, Rabu (9/2/2022).

Disampaikan Heri, pengusulan pembangunan Jembatan Siak V dan Jalan Lingkar Luar itu turut melibatkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang).

Kedua proyek tersebut diusulkan ke beberapa program, salah satunya program hibah Millennium Challenge Compact (MCC) dari Pemerintah Amerika Serikat. 

"MCC ini merupakan program hibah untuk membangun infrastruktur," paparnya.

Dikatakan Heri, untuk pembangunan Jembatan Siak V membutuhkan anggaran sekitar Rp663 miliar. Jembatan ini akan dibangun berupa cable stayed (seperi Jembatan Siak IV).

Sementara pembangunan Jalan Lingkar dari Jembatan Siak V menuju ke pintu Tol Pekanbaru-Dumai dengan panjang sekitar 12,9 kilometer membutuhkan anggaran sekitar Rp460 miliar. 

"Gubernur Riau sangat mendukung. Kami harap program ini bisa diraih," tutup Heri. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+