Pemko Pekanbaru Susun Kompilasi Sejarah Wilayah Dua Kelurahan

Kamis, 17 Februari 2022 - 15:28:56 WIB Cetak

Kepala Bagian Tapem Setdako Pekanbaru Syafrian Tommy

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kini tengah menyusun kompilasi sejarah wilayah dua kelurahan di antaranya Kelurahan Bencah Lesung dan Tebing Tinggi Okura.

Penyusunan itu berlangsung dalam rapat tim penengasan batas daerah dengan agenda penyusunan kompilasi sejarah wilayah administrasi Kota Pekanbaru, Kamis (17/2/2022).

"Dalam rapat tadi, kita membagi beberapa sekmen. Yang tadi itu sekmen untuk wilayah Kelurahan Bencah Lesung yang dulunya (Kelurahan) Sail dan (Kelurahan) Tebing Tinggi Okura," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Syafrian Tommy.

"Di kawasan itu kan perubahannya cukup banyak, maka kita mencoba mengurai sejarahnya beserta dokumen-dokumen yang ada," ulas dia.

Disampaikan Tommy, penyusunan tersebut dalam rangka melakukan kompilasi sejarah kewilayaan administrasi Kota Pekanbaru dimulai dari sebelum dan setelah tahun 1987 hingga saat ini.

"Tujuan kita mengkompilasi adalah untuk mengumpulkan dokumen-dokumen kewilayaan, baik itu peta maupun hasil pelacakan batas," ungkapnya.

Melalui penyusunan itu, pemerintah kota berupaya menjadikan dokumen-dokumen yang ada menjadi arsip statis.

"Untuk tahapan-tahapannya, tadi sudah disampaikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Kita berupaya itu menjadi arsip daerah. Dokumen yang ada saat ini kita dapatkan dari berbagai macam, ada yang dari provinsi, ada yang sekedar informasi, SK (surat keputusan), itulah yang coba kita sinkronkan," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+