Pemko Pekanbaru dan PT PJB Teliti Sampah jadi Bahan Bakar

Kamis, 17 Februari 2022 - 18:41:00 WIB Cetak

Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menjalin kerjasama dengan PT PJB untuk meneliti sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP).

"Iya, kita dan PT PJB sudah bekerjasama untuk penelitian sampah menjadi BBJP agar dapat menjadi pencampur batu bara sebagai sumber energi," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Syoffaizal, Kamis (17/2/2022).

Disampaikannya, kerjasama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru dengan pimpinan PT PJB.

Menurut Syoffaizal, kerjasama yang terjalin sangat menguntungkan kedua belah pihak terutama bagi Kota Pekanbaru sendiri. Dimana, hasil positif penelitian dapat mengatasi permasalahan sampah hingga menunjang kesejahteraan.

Pasalnya, ketika penelitian berhasil, maka permasalahan sampah akan berkurang karena telah dijadikan bahan pencampur batu bara. Untuk melakukan pekerjaan itu, sejumlah tenaga kerja juga akan diserap sehingga menambah penghasilan warga.

Penelitian sendiri akan berlangsung selama 6 bulan yang meliputi transfer knowledge untuk tenaga kerja Pekanbaru tentang bagaimana pemanfaatan sampah menjadi sumber energi.

"Untuk itu, nanti kita bakal dapat hibah alat juga dari mereka untuk pengelolaan sampah menjadi bahan pencampur itu. Setelah sampah berhasil diolah, pihak mereka malah akan membelinya sehingga menambah pemasukan kita," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+