Jual Elpiji 3 Kg di Atas HET, Disperindag Ancam Tutup Pangkalan di Cipta Karya

Kamis, 11 Januari 2024 - 15:06:38 WIB Cetak

Tim dari Disperindag Kota Pekanbaru saat turun ke lokasi pangkalan elpiji 3 kg yang dilaporkan warga.

Betuah Pekanbaru - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, bakal memberikan sanksi tegas berupa penutupan usaha terhadap salah satu pangkalan elpiji 3 kilogram (kg) di Jalan Cipta Karya, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani.

Pasalnya, pangkalan bersangkutan kedapatan menjual elpiji subsidi 3 kg di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp18 ribu per tabung.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, pangkalan elpiji 3 kg di Cipta Karya itu langsung didatangi pihaknya setelah mendapat pengaduan dari warga.

"Jadi dari laporan warga, pangkalan gas elpiji itu menjual di atas harga HET. Warga melaporkan kepada kami bahwa pangkalan itu menjual di harga Rp20 ribu (per tabung)," ungkapnya, Kamis (11/1/2024).

"Laporan dari warga kami terima hari Senin (8/1/2024), Selasa (9/1/2024) kami turun, Rabu (10/1/2024) saya langsung tandatangani surat teguran kepada pangkalan itu," ulas Zulhelmi yang akrab disapa Ami.

Dengan sudah diberikan surat teguran, terang dia, pangkalan bersangkutan akan langsung ditutup jika masih menjual elpiji 3 kg di atas harga Rp18 ribu per tabung.

"Kalau masih menjual di angka Rp20 ribu (per tabung), kami akan segera tutup pangkalan itu," tegasnya.

Disampaikan Ami, seluruh pangkalan elpiji subsidi 3 kg di wilayah Kota Pekanbaru wajib mematuhi HET yang ditetapkan pemerintah.

"Kami ingatkan kembali bahwa harga eceran tertingi tetap Rp18 ribu (per tabung). Sampai hari ini tidak ada kenaikan harga dari pemerintah serupiah pun, tetap Rp18 ribu," ucapnya.

Kemudian kepada warga, ia menghimbau dan meminta supaya memberikan laporan apabila ditemukan pangkalan elpiji 3 kg yang menyalahi aturan.

"Warga bisa memberikan laporan melalui akun Instagram kami @dppkotapekanbaru, atau silahkan datang ke kantor kami di gedung B 5 lantai tiga perkantoran Tenayan Raya," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+