Pekanbaru Masuk 4 Besar Daerah yang Responsif Tanggapi Keluhan Warga

Kamis, 17 Maret 2022 - 22:13:18 WIB Cetak

Kepala Bidang IKP Dinas Kominfotiksan Pekanbaru Mawardi (kanan), saat mengikuti forum konsultasi dan koordinasi tentang sistem pengelolaan dan pengaduan pada aplikasi (SP4N) Lapor.

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru masuk 4 besar daerah di Provinsi Riau yang responsif menanggapi keluhan dari warga. Hal itu sesuai penilaian yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian PAN-RB.

"Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Pendidikan (Disdik) yang paling cepat merespon keluhan masyarakat," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfotiksan Pekanbaru Mawardi, usai mengikuti forum konsultasi dan koordinasi tentang sistem pengelolaan dan pengaduan pada aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor, bertempat di Aula Pertemuan Hotel Premiere, Kamis (17/3/2022).

Disampaikannya, ada 102 laporan dari masyarakat yang diterima Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sepanjang 2021 lalu.

"Semua laporan itu sudah kami verifikasi. Karena itu, dari 12 kabupaten/kota di Riau, Pekanbaru disebut sebagai daerah yang sudah memberikan jawaban sesuai yang diminta," ucapnya.

Disebutkan Mawardi, Dinas Kominfotiksan sebagai operator sudah bekerja meneruskan laporan warga ke tiap OPD. Dari 102 laporan yang diterima pada 2021, 59 laporan di antaranya tidak ditindaklanjuti OPD.

"Kemungkinan, operator di OPD jarang membuka laporan masyarakat yang diteruskan oleh Diskominfotiksan. Padahal, kami telah melakukan pelatihan dan sosialisasi tiap tahun kepada operator dan admin OPD. Berarti, ada respon yang kurang," ujarnya.

"Intinya, tingkat animo masyarakat terhadap SP4N Lapor ini sangat tinggi sekali. Untuk itu, Pemko Pekanbaru akan merespon setiap keluhan dan laporan tersebut," tutupnya menambahkan. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+