Pj Walikota Pekanbaru Bahas Lima Isu Terkini Bersama Forkopimda

Senin, 12 Juni 2023 - 22:31:03 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, saat memimpin rapat Forkopimda yang dilangsungkan di Balai Prajurit Edi Harjoko Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (12/6/2023).

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, membahas lima isu terkini mulai dari persiapan perayaan Idul Adha 1444 H hingga penanganan pengungsi luar negeri atau imigran saat rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Senin (12/6/2023).

Rapat yang dipusatkan di Balai Prajurit Edi Harjoko Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru ini, diawali dengan pembahasan persiapan Hari Raya Idul Adha 1444 H. Materi rapat antara lain pelaksanaan kegiatan malam takbiran.

Untuk persiapan Idul Adha dijelaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru Syahrul Maulidi dan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Pekanbaru Tri Sepna Saputra.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Muhammad Firdaus memaparkan ketersediaan dan pengawasan hewan ternak yang masuk dari luar Pekanbaru. Hewan kurban akan mencapai 11.297 ekor pada tahun ini.

Materi pembahasan rapat dilanjutkan dengan pengendalian kebutuhan pokok menjelang Idul Adha. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Zulhelmi Arifin memaparkan tentang gambaran umum harga bahan pokok terkini.

Ia juga menjelaskan strategi pengendalian harga bahan pokok menjelang Idul Adha. Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) El Syabrina memaparkan ketersediaan bahan pangan.

Pembahasan masuk ke persoalan ketiga yaitu pengendalian ketentraman dan ketertiban umum. Di kesempatan itu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Jefri Siagian menyoroti soal balap liar dan warnet yang buka 24 jam. Saat razia warnet, ada beberapa orang positif narkoba.

Pembahasan keempat terkait penyelesaian konflik rumah ibadah di Kelurahan Sidomulyo Timur. Persoalan ini disampaikan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Namun, Pj Wali Kota Muflihun bersama jajaran Forkopimda memberi satu kesempatan lagi kepada FKUB untuk menyelesaikan permasalahan ini. Jika tak selesai, maka Forkopimda mengambil sikap sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku dalam menyelesaikan permasalahan rumah ibadah tersebut.

Materi rapat terakhir terkait penanganan pengungsi dari luar negeri. Pemateri permasalahan pengungsi ini adalah Kepala Rumah Detensi Imigrasi Panogu Hot Dihatoguan Sitanggang, perwakilan IOM, dan UNHCR, serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Syoffaizal.

Dalam hal ini, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun ingin memastikan pihak-pihak yang bertanggung jawab atas akomodasi para imigran. Jika tidak ada, maka akan dianggarkan dalam APBD.

Namun pada rapat itu terungkap bahwa pihak IOM yang bertanggung jawab atas seluruh akomodasi para pengungsi asing yang telah mencapai 861 orang (data terbaru di Bulan Juni).

Rapat Forkopimda ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sabarudi, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru Kombes Jefri Siagian, Kadispers Lanud Roesmin Nurjadin, Dandim 0301, Komandan Kopasgat (Paskhas), dan Danyon Arhanud.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+