Pekanbaru Buka Pintu Tampung Pengungsi Rohingya dari Aceh

Selasa, 29 Maret 2022 - 19:53:56 WIB Cetak

Kepala Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, membuka pintu untuk menampung pengungsi Rohingya asal Myanmar yang kini masih berada di tempat penampungan di Provinsi Aceh.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian menyebutkan, wacana relokasi pengungsi Rohingya di Aceh ke Ibukota Provinsi Riau itu telah dibahas oleh pemerintah kota bersama Foruk Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Prinsipnya, kita menerima pengungsi (Rohingya) di Aceh," ungkapnya, Selasa (29/3/2022).

Namun sebelum dipindahkan ke Pekanbaru, kata pria yang akrab disapa Bang Zoel ini, pemerintah kota masih menunggu arahan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Sesuai jadwal, tim dari Kemenko Polhukam akan berkunjung ke Kota Pekanbaru pada Kamis (31/3/2022). Dalam kunjungan nanti juga akan dibahas tempat penampungan yang hingga kini memang belum disiapkan.

"Lokasi kita belum ada memang. Kita menunggu kunjungan dari Kemenko Polhukam hari Kamis besok, saat itu akan kita perdalam lagi, bagaimana persiapannya," ujar dia.

Meskipun demikian, ia menyatakan jika para pengungsi Robingya akan mendapatkan lokasi penampungan. Akan tetapi, mereka akan dipisahkan dengan pengungsi luar negeri yang saat ini telah ditampung di Pekanbaru.

Dengan demikian, lanjut Bang Zoel, perselisihan antar pengungsi bisa diminimalisir dan pemerintah kota pun akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan.

"Kalau tidak salah ada 155 orang pengungsi (Rohingya). Kita akan lokasikan di tempat yang sama supaya bisa kita pantau," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+