Marhum Pekan Sudah Diusulkan jadi Pahlawan Nasional ke Kemensos

Selasa, 12 April 2022 - 15:53:32 WIB Cetak

Sketsa wajah Marhum Pekan yang diusulkan sebagai Pahlawan Nasional.

Betuah Pekanbaru - Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru, telah mengajukan usulan pemberian gelar Pahlawan Nasional ke Marhum Pekan.

Marhum pekan sendiri merupakan Panglima Perang Kerajaan Siak Sri Inderapura dalam melawan penjajah, sebelum ia diangkat sebagai Sultan ke-5 kerajaan Melayu tersebut. Kemudian, ia jugalah yang mendirikan Kota Pekanbaru.

Ketua TP2GD Pekanbaru Ayat Cahyadi menyebutkan, berkas usulan itu telah diserahkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ke Kemenkes melalui pemerintah provinsi pada 30 April 2022. Saat ini menunggu verifikasi dan uji petik dari Pemerintah Pusat.

"Berkas semuanya sudah lengkap. Langsung diteliti dihadapan pak walikota. Daftar riwayat hidup, naskah akademik, keluarga," ujar Ayat yang juga Wakil Walikota Pekanbaru ini, Selasa (12/4/2022). 

Nantinya, terang dia, tim dari Kemensos akan melakukan uji petik ke Pekanbaru. Setelah tahapan itu selesai, pengumuman akan dilakukan pada 10 November 2022.

Ayat menyebut, bahwa pengusulan ini sudah melalui serangkaian tahapan. Mereka sudah menggelar seminar daerah dan seminar nasional sebelum mengusulkan nama pendiri Kota Pekanbaru.

Dirinya mengajak masyarakat untuk ikut mendukung upaya memperjuangan Sultan Siak Sri Indrapura yang kelima ini sebagai calon pahlawan nasional. Adanya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat tentu memberi kesempatan besar

"Mohon dukungan seluruh elemen masyarakat untuk pengusulan pendiri Pekanbaru sebagai calon Pahlawan Nasional," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+