Pemko Pekanbaru Bakal Godok SOP Tangani Pengungsi Luar Negeri

Kamis, 02 Juni 2022 - 13:11:17 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun didampingi Kepala Kesbangpol Zulfahmi Adrian, saat audiensi dengan Kakanwil Kemenkumham Riau Jahari Sitepu, Kamis (2/6/2022).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bakal menggodok Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menangani pengungsi luar negeri atau imigran.

"Kita akan coba godok SOP ini, sehingga ke depannya kita punya aturan yang jelas terkait pengungsi ini," kata Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun didampingi Kepala Kesbangpol Zulfahmi Adrian, usai audiensi dengan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau Jahari Sitepu SH M.Si dan jajaran, bertempat di ruang rapat lantai tiga Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis (2/6/2022).

Dengan adanya aturan yang jelas, sebut dia, diharapkan penanganan terhadap pengungsi luar negeri yang ada di Ibukota Provinsi Riau bisa lebih baik ke depannya.

"Jadi dari audiensi pagi ini, kita ingin ke depannya Pekanbaru ini bisa lebih baik dalam menangani pengungsi," ujarnya.

Menurut Muflihun, penanganan terhadap para pengungsi luar negeri merupakan tanggung jawab bersama, buka hanya dibebankan kepada pemerintah semata.

"Artinya, beban ini tidak hanya beban pak Kakanwil (Kemenkumhan) dan beban saya, tapi beban bersama," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Zulfahmi Adrian menyebutkan jika pihaknya merekomendasikan ke Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri untuk memberikan sanksi tegas bagi para imigran yang melanggar aturan berlaku.

"Itu sudah kami rekomendasikan kepada anggota satgas dalam rangka penanganan pengungsi luar negeri," ucapnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+