Diskes Pekanbaru Minta Puskesmas Waspadai Gejala Cacar Monyet

Kamis, 25 Agustus 2022 - 13:00:56 WIB Cetak

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, meminta seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) untuk mewaspadai penyakit dengan gejala yang menyerupai cacar monyet.

"Mereka harus segera melaporkan ke Dinas Kesehatan bila mendapati pasien terindikasi cacar monyet," ujar Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (25/8/2022).

Disampaikannya, adapun gejala yang mirip dengan cacar monyet seperti muncul ruam di muka, tangan, genital hingga kaki. Mereka yang mengalami ruam di bagian tangan mesti mewaspadai penularan cacar monyet. Apalagi saat pasien juga mengalami demam serta pembesaran kelenjar getah bening.

"Ruam itu sekujur tubuh, biasanya diikuti demam. Ada juga pembengkakan kelenjar getah bening," paparnya.

Dikatakan Zaini, penularan cacar monyet lewat virus ini harus diwaspadai karena belum ada obat maupun terapi spesifiknya. Ada kemungkinan bisa sembuh dua hingga tiga minggu. 

Masyarakat bisa mengantisipasi penularan dari udara dengan mengenakan masker mengingat virus bisa menular lewat udara dari pasien yang mengidap cacar monyet.

Kemudian juga bisa dihindari dengan tidak melakukan kontak fisik serta membersihkan area yang bakal disentuh. "Cuci tangan secara teratur dan menjaga kebersihan," paparnya.

Namun demikian, disebutkan Zaini jika hingga kini belum ada ditemukan kasus cacar monyet di Ibukota Provinsi Riau. "Kita juga menanti arahan Kementerian Kesehatan terkait langkah antisipasi virus ini," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+