Semakin Pedas, Harga Cabai Merah di Pekanbaru Tembus Rp85 Ribu per Kilo

Jumat, 10 Juni 2022 - 19:10:30 WIB Cetak

Ilustrasi cabai merah/foto Media Indonesia.

Betuah Pekanbaru - Harga cabai merah di pasar tradisional dalam Kota Pekanbaru, kini semakin pedas mencapai angka Rp85 ribu per kilogram.

"Iya, hari ini harga cabai merah naik lagi, jadi Rp85.000 per kilo," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Jumat (10/6/2022).

Disampaikannya, ada sejumlah faktor yang diperkirakan menjadi pemicu kenaikan hargai cabai merah di pasar tradisional seperti kurangnya hasil panen petani di daerah pemasok, akibat cuaca ekstrim, serta faktor-faktor produksi lainnya.

"Untuk perkiraan sementara memang itu," ungkapnya.

"Jadi dari daerah penghasil baik itu dari Medan, Sumbar ataupun daerah Jawa, itu harganya memang sudah mahal. Makanya di Pekanbaru juga otomatis mahal," ulasnya.

Menurut Ingot, untuk kenaikan harga cabai ataupun sayuran sebenarnya pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa lantaran Kota Pekanbaru sendiri bukan daerah penghasil dan masih bergantung ke daerah pemasok.

"Kita memang bergantung kepada daerah penghasil itu," ujar dia.

Selain cabai, diakui Ingot sejumlah komoditi lainnya juga ada yang mengalami kenaikan harga seperti bawang merah yang kini di angka Rp50 ribu per kilo.

"Beberapa komoditi lainnya ada juga yang naik, cuma yang signifikan cabai merah dan bawang," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+