Hindari Pungli, Warga Diminta Urus Sendiri Administrasi yang Diperlukan

Rabu, 15 Juni 2022 - 20:57:29 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, meminta warga untuk mengurus sendiri administrasi yang diperlukan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dituju.

Menurut dia, pengurusan secara langsung oleh warga bisa menghindari pungutan liar (pungli) di pelayanan publik.

"Karena kebiasaan masyarakat masih ada yang ingin urusannya cepat walaupun dengan membayar," ucapnya, usai menerima kunjungan kerja dan monev Satgas Saber Pungli Polhukam RI, bertempat di ruang rapat lantai tiga Mal Pelayanan Publik, Rabu (15/6/2022).

Dicontohkannya, beberapa pengurusan administrasi yang rawan pungli ada pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan juga perizinan.

"Untuk itu, kita himbau agar masyarakat membiasakan mengurus sendiri berbagai keperluan administrasi tanpa harus menggunakan jasa calo atau jasa orang dalam. Karena dengan mengurus sendiri akan lebih mudah dan murah," ujarnya.

Di samping itu, Muflihun juga menginstruksikan OPD di bidang pelayanan publik, camat dan lurah agar membuat Standar Operasional Presedur atau SOP pelayanan.

"Hal ini berguna untuk mengatasi praktek pungli yang kadang masih ada untuk beberapa pelayanan tertentu di tingkat bawah," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+