Jelang Penghapusan THL, Pekanbaru Berharap Pusat Buka dan Tambah Kuota CPNS

Rabu, 22 Juni 2022 - 15:54:14 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Pusat diharapkan segera membuka dan menambah kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, menyikapi seiring keluarnya kebijakan Kemenpan RB untuk menghapus tenaga harian lepas (THL) mulai November 2023 mendatang.

"Kita berharap kepada pemerintah, kalau seandainya tenaga harian lepas ini dihapus, kita berharap kuota untuk CPNS sudah dibuka," ucapnya, Rabu (22/6/2022).

Disampaikan Jamil, saat ini pemerintah kota masih banyak kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Dari jumlah sekitar 8 ribu orang, 3 ribu di antaranya merupakan ASN di bidang pendidikan.

Untuk itu dengan penghapusan THL yang sejauh ini memang sangat dibutuhkan, dipastikan ASN yang ada akan kewalahan dalam menjalankan tugas terutama di bidang pelayanan publik.

"Kalau tidak dibantu dengan THL atau tenaga kontrak yang sudah kita rekrut, ya otomatis pemerintah kita tidak berjalan. Khususnya di bidang pelayanan, itu rata-rata anggota kita pegawai kontrak, tidak lagi ASN murni," ungkapnya.

Meski demikian, Jamil menyatakan akan mengikuti kebijakan yang ditetapkan Pemerintah Pusat. "Kita tetap mengikuti aturan pusat. Kalau outsourcing, ya seperti apa mekanismenya. Artinya ini jadi pertimbangan kita," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+