Pemko Pekanbaru akan Rancang Aplikasi Monografi untuk Kelurahan

Rabu, 13 Juli 2022 - 21:42:51 WIB Cetak

Asisten III Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kominfotiksan, bakal merancang aplikasi Monografi atau rincian data dan statistik pemerintahan, sumber daya alam, sumber daya manusia, ekonomi, pendidikan dan kondisi geografis dari suatu wilayah untuk kelurahan.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Masykur Tarmizi menyebutkan, dengan aplikasi Monogfrafi nantinya pemerintah kota akan mendapatkan data akurat di tiap kelurahan.

Sejauh ini, kata dia, papan data monografi yang ada di kelurahan jarang menampilkan informasi terbaru. Padahal, lanjut Masykur, ada sejumlah lurah yang sudah bertugas di kelurahan itu dalam jangka waktu 10 tahun.

"Guna mencegah hal itu terulang, Diskominfotiksan akan menyiapkan data online di tiap kelurahan. Diskominfotiksan akan menyiapkan sebuah aplikasi data monografi online," ucapnya, usai membuka Forum Group Discussion (FGD) Peningkatan Kualitas Publikasi Kota Pekanbaru dalam angka dan Sosialisasi Kegiatan Pembinaan Kelurahan/Desa Cinta Statistik di aula pertemuan Hotel Khas Pekanbaru, Rabu (13/7/2022).

Disampaikan Masykur, nantinya aplikasi Monografi akan menjadi basis data bagi kecamatan. Diharapkan, pengisian data pada aplikasi Monografi dapat dilakukan hingga ke level paling bawah yaitu ketua RT dan RW. Sehingga, jumlah riil penduduk Pekanbaru diketahui.

Dengan aplikasi ini, Pemko Pekanbaru juga bisa mendapatkan data terbaru. Data ini dibutuhkan dalam proses perencanaan dan pengawasan pembangunan. 

"Saya harap para lurah dan camat bisa lebih perhatian terhadap kesediaan data di wilayah masing-masing," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+