Ribuan Pelaku UMKM di Pekanbaru Terdampak Pandemi Covid

Kamis, 14 Juli 2022 - 19:12:38 WIB Cetak

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru Sarbaini

Betuah Pekanbaru - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru mengungkapkan, ada sekitar 7 ribu pelaku UMKM di Ibukota Provinsi Riau yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru Sarbaini menyebutkan, secara keseluruhan terdapat sebanyak 14 ribu pelaku UMKM di Kota Bertuah.

"Yang terdampak (pandemi covid) hampir separuh," ungkapnya, Kamis (14/7/2022).

Akibat pandemi covid, kata dia, para pelaku UMKM tidak bisa melaksanakan kegiatan karena adanya berbagai pembatasan untuk pengendalian wabah covid oleh pemerintah.

"Contohnya malam tidak bisa jualan, kalaupun boleh tidak boleh makan ditempat, dibungkus dan dibawak pulang. Itu akan berpengaruh kepada omset dari pada pelaku UMKM," ucapnya.

Untuk itu, terang Sarbaini, kini pihaknya aktif menggelar pelatihan sehingga pelaku UMKM bisa kembali produktif guna mengembangkan usaha mereka. Salah satu pelatihan yakni untuk pemasaran produk secara digital.

"Kita bekerjasama dengan Balai Besar Kominfo Medan dan Kominfo Kota Pekanbaru. Pesertanya adalah pelaku UMKM di bawah binaan Dinas Koperasi Kota Pekanbaru," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+