Pengganti Nasi, Warga Pekanbaru Diajak Konsumsi Sagu Hingga Ubi

Kamis, 04 Agustus 2022 - 16:03:24 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil, saat meninjau stand di Festival Pangan Lokal (Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) dengan Tema "Kenyang Tidak Harus Nasi dengan Menu Pangan Lokal B2SA).

Betuah Pekanbaru - Warga di Kota Pekanbaru, Riau, diajak mengkonsumsi pangan lokal yang bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi.

"Makan itu tidak perlu pakai beras, pakai nasi, tapi ada makanan lain, makanan lokal," ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, usai kegiatan Festival Pangan Lokal (Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) dengan Tema "Kenyang Tidak Harus Nasi dengan Menu Pangan Lokal B2SA)," Kamis (4/8/2022).

Menurut dia, selain lebih sehat, bahan pangan lokal seperti sagu, jagung, ubi dan juga ikan sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau.

"Kalau sagu, itu bisa kita datangkan dari luar daerah yang ada di Riau, kan lebih murah juga biayanya," ucap Jamil.

Disampaikannya, ajakan mengkonsumsi pangan lokal tersebut bertujuan untuk mencukupi asupan gizi khususnya bagi ibu hamil dan calon pengantin dalam upaya penurunan angka stunting atau kekurangan gizi akut.

"Karena kita sekarang lagi menggalakan penurunan stunting. Untuk itu, asupan gizi harus sesuai, dan itu tidak perlu pakai nasi, tapi bisa diganti dengan makan lokal lainnya," ungkap dia.

Lebih jauh disebutkan Jamil, dari data pemerintah kota ada sekitar 100.000 keluarga muda yang berpotensi stunting. Sekitar 48 persen di antaranya dikhawatirkan berpotensi melahirkan bayi dengan gejala stunting.

"(100 ribu) ini potensi, bukan sudah stunting. Untuk itu kita harus lakukan pencegahan agar jangan sampai terjadi, karena kita juga sesuai program nasional, harus menurunkan angka stunting," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+