Berpotensi Terjadi Bencana, BPBD Pekanbaru Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Senin, 08 Agustus 2022 - 23:46:39 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai bencana yang berpotensi terjadi akibat cuaca ekstrem.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra, menindaklanjuti informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca ekstrem yang saat ini tengah melanda.

"Cuaca ekstrem ini dapat memicu terjadinya angin kencang, petir, dan curah hujan tinggi yang bisa mengakibatkan banjir," ucapnya, Senin (8/8/2022).

"Untuk mengantisipasi bencana alam seperti banjir, kami mengimbau warga agar membersihkan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya," ulas dia.

Menurut Zarman, kesadaran bersama dibutuhkan untuk menanggulangi bencana alam yang bisa saja terjadi akibat dampak dari cuaca ekstrem. Imbauan ini juga sesuai dengan Pencanangan Pekanbaru Bebas Sampah oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun pada 6 Juni 2022. 

"Mari bersama kita dukung pencanangan tersebut dengan memperhatikan lingkungan dengan semangat. Kita jaga alam, alam jaga kita," ajaknya.

Di samping itu, warga juga diajak aktif memantau perkembangan prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG. Apabila terjadi bencana, warga dapat melaporkan secara langsung ke BPBD.

"Warga bisa menghubungi Call Center BPBD Kota Pekanbaru di nomor 0811-76-51464," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+