Tunggu Penetapan Pusat, Marhum Pekan Diharapkan jadi Pahlawan Nasional

Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:44:12 WIB Cetak

Ketua TP2GD Pekanbaru Ayat Cahyadi

Betuah Pekanbaru - Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru, hingga kini masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat terkait pengusulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan sebagai Pahlawan Nasional.

"Kita kan sudah usulkan tahun lalu, sekarang kita masih menunggu," kata Ketua TP2GD Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Rabu (10/8/2022).

Pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Pekanbaru ini, berharap Marhum Pekan selaku pendiri Kota Bertuah tersebut bisa ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Biasanya, penetapan Pahlawan Nasional diumumkan pada Hari Pahlawan 10 November.

"Kemungkinan akan diumumkan saat Hari Pahlawan. Untuk itu, kita masih menunggu," ujarnya.

Disampaikan Ayat, sebelum diputuskan menjadi Pahlawan Nasional, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Namun, saat ini belum ada laporan kapan verifikasi itu akan dilakukan.

"Syaratnya kan sudah lengkap, tapi diverifikasi dulu. Kita belum ada informasi tentang kapan verifikasi dilakukan," pungkasnya.

Seperti diketahui, TP2GD Pekanbaru telah mengusulkan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Sultan ke-5 Kerajaan Siak Sri Inderapura sebagai Pahlawan Nasional.

Selain sebagai pendiri Kota Pekanbaru, Putra dari Sultan Alamuddin, keponakan dari Sultan Muhammad Yang Dipertuan Besar Siak ini juga berjasa dalam mengusir penjajah di masa kerajaan Siak Sri Inderapura. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+