Pendongeng dari Rumbai Juara Satu Tingkat Kota Pekanbaru

Kamis, 08 September 2022 - 21:55:10 WIB Cetak

Pendongeng dari Kecamatan Rumbai meraih juata satu lomba mendongeng tingkat Kota Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Pendongeng dari Kecamatan Rumbai, keluar sebagai juara satu lomba mendongeng yang ditaja pada Jambore PKK tingkat Kota Pekanbaru, Rabu (7/9/2022).

Kemudian untuk juara dua diraih pendongen dari Kecamatan Lima Puluh dan juara tiga dari Kecamatan Rumbai Timur.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Nelfiyonna mengatakan, lomba mendongeng tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kembali kemauan orangtua untuk mendongeng bagi anak-anaknya.

“Dengan harapan dapat menanamkan kepedulian dan melestarikan khazanah cerita nusantara, terutama Pekanbaru," ucapnya, Kamis (8/9/2022).

Menurut dia, perkembangan teknologi informasi yang semakin maju membuat keberadaan dongeng kian memudar dari kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan adanya lomba mendongeng diharapkan dapat membangkitkan minat baca anak sekaligus memperkenalkan budaya kepada generasi muda.

"Dongeng tidak hanya menarik, tetapi memiliki pesan yang berguna untuk kehidupan dan masa depan," ujarnya.

Adapun dewan juri pada lomba mendongeng yang diikuti perwakilan dari 15 kecamatan itu di antaranya Herayulwita (Dipersip Provinsi Riau), Reni Prasetyawati (Dispusip Kota Pekanbaru) dan Evelyne Tanugraha (Komunitas Kita Dongeng). 

Aspek-aspek yang dinilai di dalam lomba mendongeng antara lain kreativitas, ekspresi, vokal, penampilan, dan isi dongeng. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+