Belum Ada Kasus, 1.382 Hewan Ternak di Pekanbaru Telah Divaksin PMK

Selasa, 20 September 2022 - 19:27:10 WIB Cetak

Petugas dari Distankan Kota Pekanbaru tengah menyuntikan vaksin PMK ke hewan ternak milik warga.

Betuah Pekanbaru - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru menyatakan, hingga kini belum ada ditemukan hewan ternak seperti sapi maupun kerbau yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Kita pastikan Kota Pekanbaru Pekanbaru masih bebas virus PMK," ujar Kepala Distankan Muhammad Firdaus, Selasa (20/9/2022).

Meski demikian, kata dia, pihaknya terus melakukan berbagai upaya pencegahan salah satunya melalui penyuntikan vaksin PMK ke hewan ternak milik warga.

Dari data Distankan, sejauh ini sudah tercatat sebanyak 1.382 ekor hewan ternak sapi dan kerbau yang telah divaksin PMK.

"Kegiatan ini (penyuntikan vaksin) masih terlaksana," ungkap Firdaus.

Di samping itu, Distankan juga aktif melakukan pengawasan terhadap herwan ternak yang dikirim ke Pekanbaru guna memenuhi kebutuhan daging di Ibukota Provinsi Riau.

Yang mana sebagian besar ternak jenis sapi yang masuk ke Pekanbaru dipasok dari sejumlah provinsi di antaranya Lampung, Provinsi Sumatera Utara dan dari luar Pulau Sumatera.

"Untuk itu kita terus memantau hewan ternak yang masuk maupun keluar Pekanbaru. Setiap hewan ternak harus ada surat kesehatan hewan yang menyatakan bebas penyakit mulut dan kuku," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+