Politeknik Pekanbaru tak Jelas, Sekdako Sebut Terkendala Izin Jurusan

Rabu, 28 September 2022 - 23:46:10 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil

Betuah Pekanbaru - Pengoperasian Politeknik Pekanbaru yang sebelumnya dijadwalkan akan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ini, hingga kini tak jelas.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan, belum adanya izin tiga jurusan baru yang akan dibuka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi penyebab tak kunjung dimulainya perkuliahan di Politeknik tersebut.

"Izin dari kementerian blum keluar kemarin. Izin penambahan jurusan baru, karena itu kan dikerjasamakan dengan Politeknik Batam. Infonya dari dinas terkait (Dinas Pendidikan) blum ada dibuka jurusan baru itu, sehingga belum bisa dilaksanakan," ujarnya, Rabu (28/9/2022).

"Kita tentu menunggu izin dulu. Kalau tidak ada izin, bagaimana mau kita buka," ulasnya.

Disampaikan Jamil, ketiga jurusan baru dimaksud saat ini telah diterapkan di Politeknik Batam. Hanya saja, untuk diterapkan di Politeknik Pekanbaru mesti mendapat izin dari Kemendikbud terlebih dahulu.

"Jadi kemarin kita ada ajukan tiga izin jurusan baru, sementa jurusan itu berada di Politeknik Batam. Itu yang akan dikerjasamakan dengan kita. Izin itulah yang sampai sekarang belum ada dari Kementerian Pendidikan," ungkapnya.

Meski demikian, ia memastikan jika program pembangunan dan pengoperasian Politeknik masih terus berlanjut.

"Sampai sekarang kan programnya masih berlanjut. Nanti kita tanyakan juga sama pak Pj (penjabat walikota), apakah dilanjutkan atau tidak," ucapnya.

Sementara untuk sarana dan prasarana di kampus Polteknik, disebutkan Jamil sudah tersedia.

"Kalau sarana-prasarana, sekarang kan sudah ada, tinggal izinnya saja yang belum. Makanya kita kemarin berharap izinnya keluar tahun ini," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+