Relokasi Server Sebabkan Layanan Online Disdukcapil Sulit Diakses

Senin, 03 Oktober 2022 - 19:36:56 WIB Cetak

Kepala Bidang Pelayanan dan Inovasi Disdukcapil Kota Pekanbaru Murdinal Guswandi

Betuah Pekanbaru - Pelayanan sistem online yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Senin (3/10/2022) sulit diakses akibat terdampak pemindahan atau relokasi server oleh Dinas Kominfotiksan setempat.

"Informasi yang kita terima dari Dinas Kominfo, mereka melakukan relokasi server. Jadi sebenarnya pelayanan masih bisa dilakukan, namun agak sedikit lambat dibanding hari biasanya. Dan ini baru terjadi hari ini saja," ucap Kepala Bidang Pelayanan dan Inovasi  Disdukcapil Kota Pekanbaru Murdinal Guswandi, Senin siang.

Sementara untuk layanan tunggu KTP elektronik yang hilang dan rusak, kata dia, sama sekali tidak dapat diakses baik oleh warga maupun admin Dukcapil.

"Untuk layanan tunggu hari ini, kami hanya melayani resi yang sudah terbit dihari sebelumnya saja," ungkapnya.

Biasanya, sebut Murdinal, untuk layanan tunggu KTP elektronik rusak dan hilang per hari Disdukcapil Kota Pekanbaru menerima sekitar 60 permohonan.

"Pengajuannya memang hanya dilakukan secara online. Setelah diajukan dan diverifikasi, nanti tertera tanggal pengambilan. Kalau pekan lalu tidak ada masalah," imbuh dia.

Untuk itu, ia berharap jaringan server di Dinas Kominfotiksan bisa segera membaik mengingat sejauh ini Disdukcapil memang sangat bergantung pada server Dinas Kominfotiksan dalam memberikan layanan online.

"Kami tentu berharap kalau bisa secepatnya normal lagi, karena jaringan sangat berperan dalam pelayanan online yang dilakukan Dukcapil," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+