Elevasi di Bawah Permukaan Sungai Siak jadi Pemicu Banjir di Pasar Bawah

Rabu, 05 Oktober 2022 - 21:23:50 WIB Cetak

Personel Damkar dan BPBD Pekanbaru berupaya menyedot genangan air di basement Pasar Bawah saat terjadinya banjir, Selasa (4/10/2022).

Betuah Pekanbaru - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, salah satu pemicu banjir yang merendam basement Pasar Bawah lantaran elevasi pasar tersebut berada di bawah permukaan Sungai Siak.

"Selain curah hujan tinggi, pemicu banjir di Pasar Bawah ini karena elevasinya di bawah permukaan Sungai Siak ketika pasang," ungkapnya, usai memimpin penyaluran bantuan paket sembako kepada 96 pedagang Pasar Bawah yang terdampak banjir, Rabu (5/10/2022).

"Jadi ketika air pasang dan curah hujan tinggi, sehingga air tidak terbendung lagi," ulasnya.

Untuk meminimalisir banjir, kata dia, Dinas PUPR akan mengambil sejumlah langkah seperti memaksimalkan fungsi drainase atau saluran pembuangan air, serta menurunkan pasukan kuning dan peralatan guna melakukan normalisasi sungai di kawasan Pasar Bawah.

"Kemudian kita akan aktifkan pompanya (air di Pasar Bawah) selalu," ucapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pasar Dinas Perindag Pekanbaru Hendra Putra menjelaskan, banjir yang merendam basement Pasar Bawah pada Selasa (4/10/2022) juga pernah terjadi beberapa tahun lalu.

"4 tahun lalu juga pernah banjir, tapi memang tidak separah yang sekarang ini," ujarnya.

Terkait kerugian pedagang akibat banjir yang merendam dagangan mereka, Hendra mengaku belum ada laporan ke pihaknya. "Untuk kerugian belum ada laporan. Nanti akan coba kita lakukan (hitung)," tutupnya.

Seperti diketahui, hujan lebat yang mengguyur Kota Pekanbaru pada Senin (3/10/2022) malam hingga Selasa (4/10/2022) dinihari mengakibatkan banjir di 11 titik salah satunya di Pasar Bawah. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+