Puluhan Ribu Warga Pekanbaru di Kecamatan Pemekaran Sudah Ganti KTP

Rabu, 20 Juli 2022 - 23:52:04 WIB Cetak

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Murdinal Guswandi

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru mencatat, hingga kini sudah ada sekitar 20 ribu warga di kecamatan pemekaran yang merubah data di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Jadi sampai sekarang kita sudah menerbitkan sekitar 20 ribu keping KTP elektronik baru bagi warga di kecamatan pemekaran," ungkap Kepala Disdukcapil Irma Nivrita melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Murdinal Guswandi, Rabu (20/7/2022).

Disampaikannya, memang jumlah warga yang baru merubah data di KTP masih jauh dari total wajib KTP yang terdampak pemekaran sekitar 250 ribu jiwa.

"Ada beberapa faktor yang memperngaruhi, di antaranya ada kekhawatiran akan berpengaruh pada surat menyurat kendaraan serta juga karena belum diperlukan," ujarnya.

Di samping itu, lanjut Murdinal, KTP warga di kecamatan pemekaran juga masih berlaku. Namun demikian, pihaknya tetap menghimbau warga agar segera melakukan perubahan data sesuai kecamatan baru.

"Untuk perubahan data ini, warga bisa mengakses pelayanan di sipenduduk.pekanbaru.go.id," ucap dia.

Guna meningkatkan kesadaran warga dalam merubah data di KTP, terang Murdinal, pihaknya aktif melakukan sosialisasi di berbagai media sosial serta turun langsung ke masyarakat.

"Kita juga ada mendampingi anggota dewan yang melakukan reses, di situ kita lakukan sosialisasi," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+