PUPR Minta BWSS Turunkan Excavator Amphibi Keruk Sungai Sail

Rabu, 05 Oktober 2022 - 22:13:06 WIB Cetak

Alat berat PUPR Pekanbaru tengah melakukan normalisasi aliran Sungai Sail.

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, meminta bantuan ke Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) untuk menurunkan alat berat berukuran besar jenis excavator amphibi guna mengeruk sedimen di Sungai Sail.

Kendati sangat dibutuhkan, namun permintaan tersebut hingga kini belum direspon pihak BWSS.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan jika pihaknya terkendala dalam menormalisasi Sungai Sail lantaran keterbatasan peralatan yang dimiliki.

"Alat berat yang ada saat ini berukuran kecil sehingga memperlambat proses pengerukan sedimen sungai. Untuk memaksimalkan normalisasi Sungai Sail, kita butuh alat berat jenis amphibi berukuran besar," ucapnya, Rabu (5/10/2022).

Mengingat keterbatasan peralatan yang dimiliki, Indra menyatakan proses pengerukan Sungai Sail tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal itu akan berdampak terjadinya banjir ketika curah hujan tinggi.

"Kalau memakai alat berat yang besar, pengerukan akan lebih cepat," ujarnya.

Seperti diketahui, pemukiman warga di bantaran Sungai Sail kerap direndam banjir ketika curah hujan tinggi. Persoalan banjir sendiri memang masih menjadi PR yang tak kunjung bisa diselesaikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+