Disperindag Tawarkan Pedagang di Basement Pasar Bawah Pindah ke Lantai Tiga

Kamis, 06 Oktober 2022 - 22:06:08 WIB Cetak

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindag Pekanbaru Hendra Putra

Betuah Pekanbaru - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, menawarkan kepada 96 pedagang yang berjualan di basement Pasar Bawah untuk pindah ke lantai tiga pasar tersebut.

Tawaran itu diberikan pasca basement Pasar Bawah yang ditempati puluhan pedagang direndam banjir akibat hujan lebat yang melanda Ibukota Provinsi Riau pada Senin (3/10/2022) malam hingga Selasa (4/10/2022) dinihari kemarin.

"Khususnya kepada kawan-kawan (pedagang) gorden, kalau mau naik ke lantai tiga, tapi dengan catatan semuanya naik, jangan ada yang tinggal (di basement)," kata Kepala Bidang Pasar Dinas Perindag Pekanbaru Hendra Putra, Kamis (6/10/2022).

Dengan naiknya pedagang ke lantai tiga, ia berharap para pedagang ke depannya tidak lagi terdampak banjir ketika musim hujan.

"Itu langkah antisipasi yang coba kita ambil," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi mengungkapkan jika banjir yang merendam basement Pasar Bawah lantaran elevasi pasar tersebut berada di bawah permukaan Sungai Siak.

"Jadi selain karena curah hujan tinggi, pemicu banjir di Pasar Bawah ini karena elevasinya di bawah permukaan Sungai Siak ketika pasang. Jadi ketika air pasang dan curah hujan tinggi, sehingga air tidak terbendung lagi," ucap dia.

Untuk meminimalisir banjir, Dinas PUPR akan mengambil sejumlah langkah seperti memaksimalkan fungsi drainase atau saluran pembuangan air, serta menurunkan pasukan kuning dan peralatan guna melakukan normalisasi sungai di kawasan Pasar Bawah.

"Kemudian kita akan aktifkan pompanya (air di Pasar Bawah) selalu," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+