PUPR Pekanbaru Kerjasama dengan BWSS Atasi Banjir Luapan Sungai Sail

Kamis, 03 November 2022 - 21:06:13 WIB Cetak

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, menjali kerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam upaya mengatasi banjir akibat luapan Sungai Sail.

Berdasarkan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak, wilayah kerja pengelolaan Sungai Sail dibagi dua. Yang mana PUPR Pekanbaru bertugas mengelola Sungai Sail mulai dari Jembatan Sail di wilayah Harapan Raya hingga ke hulu di Kecamatan Kulim.

Sedangkan Jembatan Sail Harapan hingga ke muara Sungai Siak merupakan kewenangan dari BWSS III.

"Namun demikian, kami juga tidak bisa membiarkan jika ada keluhan warga yang terdampak banjir di wilayah hilir Sungai Sail," ucap Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kamis (3/11/2022).

Meski pengelolaan dibagi dua, kata dia, namun pemerintah kota akan tetap membantu BWSS III khususnya mensosialisasikan ke masyarakat terkait upaya penanganan yang akan dilakukan.

"Karena wilayah hilir Sungai Sail ini akan dilebarkan," ungkapnya.

Soal kerjasama tersebut, disampaikan Indra juga telah mendapat dukungan dari Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna dalam kunjungan kerjanya ke Kota Pekanbaru baru-baru ini.

"Beliau mendukung kerja sama itu. Bahkan, kita diminta meningkatkan intensitas kerjasama dengan BWSS III," tutupnya.

Seperti diketahui, sejauh ini kawasan pemukiman yang berada di aliran Sungai Sail kerap direndam banjir ketika musim hujan dengan intensitas tinggi. Pj Walikota Pekanbaru Muflihun pun telah memerintahkan Dinas PUPR segera mengatasi persoalan tersebut. (rki) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+