Diapresiasi Mendagri, Serapan Anggaran Pekanbaru Terbaik Dua di Riau

Selasa, 08 November 2022 - 16:01:07 WIB Cetak

Mendagri Tito Karnavian berbincang dengan Gubernur Riau Syamsuar dan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, usai rakor yang bertempat di aula pertemuan Hotel Grand Central Pekanbaru, Selasa (8/11/2022).

Betuah Pekanbaru - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru atas serapan anggaran terbaik kedua di Provinsi Riau.

Apresiasi itu disampaikan Mendagri, pada rapat koordinasi gubernur, bupati/walikota, camat dan lurah se-Riau, bertempat di aula pertemuan Hotel Grand Central Pekanbaru, Selasa (8/11/2022).

Dikatakannya, Kota Pekanbaru ada di posisi kedua pendapatan dan belanja cukup tinggi setelah Kabupaten Bengkalis. Kemudian disusul Kabupaten Kampar, Siak, Rokan Hilir dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Sementara sejumlah daerah lainnya seperti Kabupaten Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai, serapan anggarannya masih rendah. 

"Mudah-mudahan belanjanya tinggi di akhir tahun," harap Mendagri.

Menyikapi hal itu, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan apresiasi serupa ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja maksimal menyerap anggaran yang dialokasikan di APBD.

"Iya, Alhamdulillah tadi kita nomor dua. Tentu kita apresiasi kepada OPD ya," ucapnya.

Disebutkan Muflihun, pada rakor tersebut ada beberapa poin penting yang disampaikan Mendagri kepada kepala daerah seperti bagaimana pemerintah bisa menjaga inflasi serta bisa memperhatikan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Jadi memang tadi itu pesannya untuk keseluruhan ya (seluruh walikota/bupati) yang hadir. Bagaimana pemerintah bisa menjaga inflasi, memperhatikan PEN, kemudian ekonomi nasional juga. Tak lupa juga program pusat seperti stunting juga harus diperhatikan," ungkapnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+