BPBD Pekanbaru Sudah Bentuk 15 Kelurahan Tangguh Bencana

Rabu, 09 November 2022 - 14:52:29 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, kini sudah membentuk sebanyak 15 Kelurahan Tangguh Bencana yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Ke-15 Kelurahan Tangguh Bencana tersebut di antaranya Kelurahan Palas, Sri Meranti, Tirta Siak, Tobek Godang, Industri Tenayan, Bandar Raya dan Kelurahan Muara Fajar Timur.

Selanjutnya Kelurahan Air Putih, Tangkerang Barat, Simpang Tiga, Tangkerang Labuai, Tangkerang Utara, Bambu Kuning, Suka Maju, serta Kelurahan Suka Mulya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menyebutkan, Kelurahan Tangguh Bencana merupakan kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

"Untuk itu, masyarakat kita yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana, kalau bisa tanggaplah kalau memang terjadi kebencanaan, baik itu banjir maupun asap," pintanya.

Sejauh ini, lanjut pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Camat Senapelan dan Payung Sekaki ini, pihaknya aktif memberikan edukasi, sosialisasi maupun simulasi penanganan kebencanaan kepada masyarakat yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana.

"Dengan demikian, mereka bisa melakukan penanganan secara dini ketika terjadi kebencanaan. Karena mereka telah kami bekali dengan edukasi maupun simulasi," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+