Gejala Lebih Ringan, Omicron XBB Terindikasi Sudah Menyebar di Pekanbaru

Senin, 14 November 2022 - 20:37:18 WIB Cetak

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, mengindikasikan covid omicron varian XBB saat ini sudah mulai menyebar di Ibukota Provinsi Riau.

Kepala Diskes Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, indikasi itu lantaran sejumlah kasus covid terbaru memiliki kemiripan gejala dengan varian XBB seperti demam, batuk, lemas, sesak, nyeri kepala dan tenggorokan, pilek, mual, muntah dan diare.

"Untuk itu kita mengimbau agar masyarakat mewaspadai penyebaran varian baru Covid-19 yakni varian XBB," ucapnya, Senin (14/11/2022).

Disampaikannya, kewaspadaan mesti ditingkatkan mengingat Omicron varian XBB lebih cepat menular.

Meski demikian, XBB disebut-sebut memiliki gejala relatif lebih ringan dibandingkan subvarian Omicron lainnya yang juga sempat merebak yakni BA.4 dan BA.5.

"Mereka yang terkonfirmasi (XBB) biasanya tiga hingga lima hari sudah sembuh," ujarnya.

Agar terhindar dari sebaran wabah Omicron XBB, zaini menghimbau warga supaya tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 seperti menggunakan maskes, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan di air yang mengalir.

"Karena walau bisa cepat sembuh, tapi tingkat penularannya juga bisa sangat cepat. Maka harus kita waspadai," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+