Kunker ke Pekanbaru, Pemko Solok Pelajari Tugas dan Fungsi LPM

Rabu, 07 Desember 2022 - 20:13:43 WIB Cetak

Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, menyerahkan cinderamata kepada Asisten I Setdako Solok Nova Elfino.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Solok, Sumatera Barat, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemko Pekanbaru, Riau, Rabu (7/12/2022).

Kunker dalam rangka mempelajari tugas dan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) ini, dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Solok Nova Elfino.

Kedatangan rombongan dari Pemko Solok, disambut Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution dan jajaran.

Pertemuan dilanjutkan dengan sharing informasi yang digelar di aula lantai enam gedung utama komplek perkantoran terpadu Walikota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya.

Di hadapan Asisten I Setdako Solok dan rombongan, Indra Pomi Nasution menyampaikan jika LPM Pekanbaru merupakan LPM terbaik di Indonesia dan di Provinsi Riau tahun 2022.

Sejauh ini, kata dia, Pemko Pekanbaru memberikan perhatian khusus kepada pengurus LPM seperti memberikan mereka insentif seperti Ketua RT, RW dan pengurus Masjid Paripurna.

"Kami juga mengadakan studi banding untuk terus meningkatkan kualitas LPM karena Kota Pekanbaru sendiri tengah menuju Kota Megapolitan. Untuk itu, kami berdayakan LPM dan memberikan honor setiap bulan," ungkapnya.

Tak hanya itu, sebut Indra, Pemko Pekanbaru juga memberikan ruangan khusus sebagai kantor LPM di gedung utama komplek perkantoran terpadu walikota setempat. Hal itu dilakukan agar koordinasi berjalan dengan baik.

Di tempat yang sama, Kepala DP3APM Kota Pekanbaru Chairani menambahkan, sejauh ini Pemko Pekanbaru terus melibatkan LPM dalam pembangunan kota. Hal itulah yang kemudian membuat LPM Pekanbaru mendapatkan penghargaan senagai LPM terbaik di Indonesia. 

"Kita sangat menyadari bahwa LPM adalah wadah dari pemko untuk menampung aspirasi dari paling bawah. Sehingga kita menggerakkan dan membina LPM dari berbagai sisi, di antaranya di bidang kuliner, dan lainnya," jelas dia.

Sementara itu, Asisten I Setdako Solok Nova Elfino menyampaikan jika pihaknya sangat mengapresiasi bagaimana LPM Kota Pekanbaru mampu menjadi alat untuk pembangunan kota. Oleh karena itu, sekitar 250 jajaran Pemko Solok, LPM, RT dan RW sangat antusias dalam melakukan sharing informasi tersebut.

Nova juga memaparkan bahwa Kota berprinsip untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Pengembangan ekonomi juga dilakukan dengan pengembangan teknologi aplikasi untuk efektifitas dan efisiensi koordinasi pemerintahan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemko Pekanbaru karena telah dengan senang hati menerima kunjungan Pemko Solok. Kita berharap, informasi yang telah diterima dalam pertemuan ini dapat melekat dan diterapkan masing-masing anggotanya, sehingga membawa dampak positif bagi masyarakat Solok," harapnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+