PDAM Tirta Siak Pekanbaru Belum Dapatkan Untung dari Jualan Air

Selasa, 27 Desember 2022 - 23:09:33 WIB Cetak

Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaru, hingga kini ternyata belum bisa membukukan laba dari usaha yang dijalankan.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Pj Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengungkapkan, sejauh ini penghasilan BUMD milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru itu baru mampu untuk memenuhi biaya operasional.

"Terkait laba rugi, untuk saat ini Perumdam Tirta Siak memang belum untung ya. Dia baru cukup menyelesaikan operasionalnya saja dan dia masih terbebani dengan kewajiban masa lalu. Misalnya kayak pensiun pegawai dan lain-lain," ucapnya, Selasa (27/12/2022).

Diperkirakan, kata Indra, PDAM Tirta Siak baru bisa mendapatkan keuntungan sekitar lima tahun ke depan. Itupun jika manajemennya mampu menambah 550 Sambungan Rumah (SR) setiap bulannya.

"Empat sampai lima tahun lagilah (baru dapat untung) kalau target sambungan rumah tersebut bisa tercapai," ujarnya. 

Untuk itu, lanjut Indra, pemerintah kota terus mendorong agar manajemen PDAM lebih produktif sehingga mampu menambah SR sesuai target.

"Mereka harus bisa meyakinkan masyarakat bahwa dengan berlangganan PDAM, itu lebih untung dan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan air bawah tanah," sebutnya.

"Untuk itu, kita ingin manajemen lebih intens untuk promosi, mereka bisa lebih gencar dalam penambahan SR atau pelanggan. Karena kalau bisa mendapat 550 SR baru setiap bulan, maka baru bisa untung," tutup Indra menambahkan.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+