Tahun Ini Anggaran Perbaikan Jalan di Pekanbaru Capai Rp20 Miliar

Jumat, 13 Januari 2023 - 15:28:57 WIB Cetak

Petugas dari Dinas PUPR Kota Pekanbaru mulai memperbaiki kerusakan Jalan Teratai.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, di 2023 ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk perbaikan jalan rusak dengan sistem tambal sulam dan overlay atau pelapisan aspal ulang.

"Anggaran ada kenaikan sedikit, sekitar Rp20 miliar. Ini juga termasuk untuk pasukan kuning," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (13/1/2023).

Mengingat anggaran yang tersedia masih kurang dari kebutuhan, perbaikan sendiri akan diutamakan dengan sistem tambal sulam. Sebab, untuk overlay sendiri menghabiskan sekitar Rp1 miliar per kilometernya.

Tahun ini, sebut Indra, terdapat sebanyak 200 titik jalan yang akan dilakukan tambal sulam. Pada triwulan pertama atau sepanjang Januari hingga Maret 2023, diupayakan sebanyak 50 titik jalan rusak sudah dilakukan diperbaikan.

"Jadi, per triwulan itu kita targetkan perbaiki 50 titik dari total 200 titik ruas jalan rusak yang harus dilakukan perbaikan tambal sulam," ungkapnya.

Sedangkan untuk overlay akan dilakukan di beberapa ruas jalan seperti Jalan Parit Indah, Suka Karya dan Jalan Dahlia.

Lebih jauh disampaikan Indra, di Kota Pekanbaru ada 1.946 ruas jalan dengan total panjang 1.277 kilometer yang menjadi kewenangan pemerintah kota. Dari jumlah itu, sekitar 74,5 persen dalam kondisi baik. Sementara jalan dalam kondisi rusak berat itu di angka 25 persen lebih.

"Jalan dalam kondisi mantap ini sudah sangat tinggi dibandingkan rata-rata nasional itu hanya 60 persen saja," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+