Tahun Ini Pemko Pekanbaru Kembali Anggarkan Rp2 Miliar Beasiswa

Senin, 16 Januari 2023 - 14:54:55 WIB Cetak

Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Setelah sempat dihapus sejak beberapa tahun terakhir, di 2023 ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali mengalokasikan anggaran untuk bantuan beasiswa sebesar Rp2 miliar.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Pj Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, beasiswa miliaran rupiah yang merupakan salah satu program prioritas Pj Walikota Pekanbaru Muflihun ini diperuntukan bagi mahasiswa berprestasi dan juga dari keluarga kurang mampu.

"Beasiswa ini sebagai bentuk kepedulian bapak Pj walikota dalam membantu biaya pendidikan bagi anak-anak kita yang berprestasi dan dari keluarga kurang mampu," ungkapnya, Senin (16/1/2023).

Untuk besaran beasiswa sendiri bervariasi. Seperti untuk Strata Satu (S1) diberikan sebesar Rp4 juta dan Diploma Tiga (D3) Rp3 juta.

Saat ini, lanjut Indra, proses penyaluran bantuan beasiswa itu masih tahap persiapan administrasi di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Pekanbaru.

"Karena dasar hukumnya, perwako-nya sudah jadi. Tinggal mekanismenya lagi yang sedang disusun Bagian Kesra. Kalau sudah selesai, segera kita umumkan," ucapnya.

Terpisah, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi menambahkan, untuk pendaftaran bantuan beasiswa sendiri akan dilakukan secara online.

"Insyaallah Februari ini kita umumkan, dan mungkin Maret sudah bisa mendaftar secara online," ujarnya.

Disampaikan Masykur, nantinya ada beberapa persyaratan yang ditetapkan dalam penyaluran bantuan beasiswa ini. "Kalau persyaratannya itu banyak. Yang jelas kalau dia dari keluarga tidak mampu, dia terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)," terang dia.

"Sementara kalau dia berprestasi, kita lihat dia prestasinya di bidang apa. Apakah di bidang akademik, ada persyaratan IPK. Kalau di bidang olahraga, misalnya mungkin dia pernah juara apa, di kejuaraan apa, yang prestasinya nasional, ini bisa kita berikan. Ada prestasi akademik, prestasi di bidang olahraga, bidang seni, ada prestasi di bidang keagaman," ulas Masykur.

Setelah pendaftaran, nantinya akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap persyaratan yang diajukan. "Untuk penyaluran beasiswa sendiri di Bagian Kesra," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+